Karnaval Budaya Daerah West Java Festival, Sekretaris Disbudpora Kab. Sukabumi : Tampil Totalitas


Karnaval Budaya Daerah West Java Festival, Sekretaris Disbudpora Kab. Sukabumi : Tampil Totalitas 

Kabupaten Sukabumi, Jabar

polkrim-news.com || Sekretaris Dinas Budaya, Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Sukabumi memberikan apresiasi terkait peran serta dalam Karnaval dan Pekan Kebudayaan Daerah West Java Festival tahun 2023, di Kota Bandung. Minggu 3 September 2023. 

“Alhamdulillah Disbudpora Kabupaten Sukabumi menjadi bagian dari festival akbar kebudayaan tingkat Provinsi Jawa Barat dalam gelaran west java festival,” ujar Sekretaris Disbudpora Kabupaten Sukabumi, Anita Mulyani.

Lebih lanjut Anita mengatakan, Kabupaten Sukabumi bisa tampil totalitas dengan ide, kreatif, gagasan sesuai dengan apa yang diharapkan pihak panitia penyelenggara.

“Kabupaten Sukabumi mengusung tema serangga dalam event ini. Kabupaten Sukabumi memilih binatang walangsangit yang penuh dengan filosofi dalam kehidupan manusia,” bebernya.

Diketahui, Pemkab Sukabumi mengusung konsep Surup Kidang Turun Kungkang.

Memiliki arti, apabila bintang kidang sudah tidak terlihat menjadi sebuah tanda yang menunjukkan, saatnya masyarakat berhenti untuk bertani. Karena akan ada hama walang sangit (kungkang) yang dapat menyerang padi. 

Turunnya walang sangit (kungkang) memberikan manfaat bagi tanah, karena tanah diberi waktu untuk beristirahat setelah digunakan masyarakat untuk bertani. 

Hal ini merupakan suatu bentuk aktivitas dalam rangka merawat bumi, dimana ketika adanya walang sangit (kungkang), telah menciptakan hubungan timbal balik. Antara manusia dan hewan yang dapat menjaga keseimbangan lingkungan.

Konsep ini relevan dengan tema karnaval budaya yang diikuti perwakilan 27 kabupaten/kota se-Jabar yakni  Insect of West Java. Mempresentasikan keberagaman serangga dalam kearifan budaya lokal Jabar.

Dalam kesempatan pekan Kebudayaan Daerah ini, Kabupaten Sukabumi menerima penghargaan peringkat dua Tim Koordinasi Kerja Sama Daerah (TKKSD) dengan kategori Kabupaten terbaik tahun 2023.

TKKSD Awards adalah pemberian penghargaan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat kepada Pemerintah Kabupaten/Kota dengan Kerja Sama Daerah terbaik. (*)

0/Post a Comment/Comments

TOTAL VISITS :

TABLOID NASIONAL POLKRIM

POLRI PRESISI

POLKRIM | Portal Media Online Nasional

STOP PUNGLI

POLKRIM | Portal Media Online Nasional
PUNGUTAN LIAR