Mari kita simak...Harta yang Berkah adalah Harta yang Bermanfaat

Sebagai contoh, harta yang tidak berkah biasanya akan menjauhkan pemiliknya dari Allah SWT, sebab harta tersebut digunakan untuk kemaksiatan.

Agama Islam,

Harta yang berkah adalah harta yang bermanfaat. Yakni, harta tersebut akan senantiasa membawa pemiliknya ke dalam ketaatan kepada Allah SWT.

polkrim-news.com || Keberkahan adalah hal yang diharapkan oleh banyak orang. Sebab, berkah adalah bertambahnya kebaikan yang banyak, sehingga dapat menghadirkan manfaat bagi diri sendiri maupun untuk orang lain.

Dengan kata lain dapat dipahami pula bahwa berkah adalah hidup yang penuh manfaat.

Sebagai contoh, harta yang berkah adalah harta yang bermanfaat. Yakni, harta tersebut akan senantiasa membawa pemiliknya ke dalam ketaatan kepada Allah SWT.

Harta yang tidak berkah adalah harta yang tidak bisa menghadirkan manfaat seperti halnya harta berkah.

Sebagai contoh, harta yang tidak berkah biasanya akan menjauhkan pemiliknya dari Allah SWT, sebab harta tersebut digunakan untuk kemaksiatan.

Selain dikaitkan dengan bertambahnya kebaikan, berkah adalah nikmat. Nikmat yang dimaksud bisa bersifat nikmat material seperti harta benda maupun nikmat spiritual, ketenangan, kesehatan, dan sebagainya.

Lalu apa yang dimaksud dengan berkah? Berikut adalah penjelasan selengkapnya mengenai berkah, seperti yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (08/10/2023).

Pengertian Berkah

Secara bahasa, berkah adalah istilah yang berasal dari kata dalam bahasa Arab, yakni بركة (barokah) yang artinya nikmat.

Sementara itu menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), berkah adalah karunia Tuhan yang mendatangkan kebaikan bagi kehidupan manusia.

Sementara itu, menurut Imam Al-Ghazali, berkah (barokah) adalah bertambahnya kebaikan. Berkah adalah kebaikan yang bertambah juga diungkapkan oleh Abul Baqa' Al-Kufi dalam kitabnya Al-Kulliyat Mu’jam Fi Al-Mushthalahat.

Berkah adalah adalah sesuatu yang tumbuh berkembang dan bertambah, baik sesuatu yang Nampak maupun maknawi, sekaligus senantiasa tetapnya kebaikan ilahi pada sesuatu.

Dari penjelasan tersebut dapat dipahami bahwa berkah adalah sesuatu yang akan membuat kebaikan semakin bertambah, yang ditandai dengan manfaat yang dapat dirasakan oleh diri sendiri maupun orang lain. Meski dapat dipahami bahwa berkah adalah bertambahnya kebaikan, namun itu tidak mengacu pada kuantitas tertentu, melainkan lebih pada kualitas.

Sebagai contoh, seseorang yang dapat mengumpulkan harta yang banyak, namun dalam mengumpulkan harta tersebut dia tidak melalui jalan yang halal dan diridhoi Allah, makan harta tersebut tidak berkah.

Meski hartanya banyak, harta tersebut tidak akan bertambah kebaikannya, harta tersebut tidak membuat pemiliknya bahagia. Bahkan, banyaknya harta yang didapatkan tanpa melalui cara yang halal, hal itu berpotensi mendatangkan murka Allah.

Tentu saja penting bagi kita untuk bisa mendapatkan keberkahan dari setiap hal yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga kita bisa mendapatkan kebaikan yang terus bermanfaat, Amin ya Rabbal'alamin. (*)

0/Post a Comment/Comments

TOTAL VISITS :

TABLOID NASIONAL POLKRIM

POLRI PRESISI

POLKRIM | Portal Media Online Nasional

STOP PUNGLI

POLKRIM | Portal Media Online Nasional
PUNGUTAN LIAR