Bersaing dengan Petahana Purnawirawan Polisi Warnai Kontestasi Pilkada Cirebon 2024

Rahmat Hidayat - Imam Saputra Pasangan Cabup Cawabup Kabupaten Cirebon.

Cirebon,

polkrim-news.com || Kontestasi Pilkada Cirebon 2024 dipastikan akan diikuti oleh empat pasangan bakal calon (paslon) yang resmi mendaftar di Kantor KPU Kabupaten Cirebon. 

Hal sangat langka dalam peserta pada Pilkada Cirebon kali ini terdiri dari berbagai unsur mulai dari kader partai politik sampai purnawirawan polisi.

Selain itu juga, dalam kontestasi Pilkada kali ini mayoritas pesertanya berasal dari petahana yang sebelumnya menjabat sebagai Bupati, Wakil Bupati Cirebon dan Ketua DPRD Kabupaten Cirebon.

Berikut beberapa keterangan tentang Cabup dan Cawabup Kabupaten Cirebon 2024 adalah sebagai berikut:

Imron Rosyadi - Agus Kurniawan

Imron Rosyadi lahir di Cirebon 17 Desember 1961 adalah sosok petahana yang maju kembali dalam kontestasi Pilkada Cirebon 2024 dari partai PDIP.

Pada Pilkada Cirebon 2018 yang lalu, Imron Rosyadi adalah Wakil Bupati terpilih berpasangan dengan Sunjaya Purwadisastra. Namun sesaat setelah proses pelantikan, Sunjaya Purwadisastra ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi dan gratifikasi.

Sehingga secara otomatis Imron Rosyadi resmi menjadi Bupati Cirebon definitif menggantikan Sunjaya Purwadisastra sejak 1 Oktober 2019 hingga 17 Mei 2024.

Ketua DPC PDIP Kabupaten Cirebon yang satu ini kembali maju kembali sebagai bakal calon Bupati Cirebon bersama Agus Kurniawan sebagai bakal calon Wakil Bupati Cirebon mengusung slogan Beriman (Bersama Imron dan Agus Kurniawan).

Sementara itu, bakal calon Wakil Bupati Cirebon Agus Kurniawan sendiri bukan merupakan sosok yang baru di kancah perpolitikan Kabupaten Cirebon. Pasalnya ia sempat menjadi anggota DPRD dari fraksi PDIP periode 2014 - 2019. 

Namun pada tahun 2017 yang lalu, Agus Kurniawan lebih memilih sebagai kepala desa Kedongdong Kidul, Kecamatan Dukupuntang, Kabupaten Cirebon dalam proses antar waktu.

Wahyu Tjiptaningsih - Solichin

Ayu sapaan akrabnya diketahui sebelumnya menjabat sebagai Wakil Bupati Cirebon Pengganti Antar Waktu (PAW) bersanding dengan Imron Rosyadi periode 2021 sampai 2024.

Wanita kelahiran Cirebon 15 April 1970 ini adalah istri dari Sunjaya Purwadisastra eks Bupati Cirebon periode 2013 - 2018. Sebelumnya Ayu dikenal sebagai politisi PDIP, namun pada Pilkada Cirebon 2024 Ayu memilih keluar dan kini menjadi kader partai Gerindra.

Ia kini maju sebagai bakal calon Bupati Cirebon bersama Solichin sebagai bakal calon Wakil Bupati Cirebon. Diketahui Solichin sendiri merupakan notaris, dosen dan Wakil Ketua PCNU Kabupaten Cirebon bidang perekonomian dan lembaga hukum.

Pada kontestasi Pilkada kali ini, mereka diusung oleh sejumlah partai mulai dari partai Gerindra, Demokrat, PKS dan PSI.

Mohamad Luthfi - Dia Ramayana

Mohamad Luthfi adalah seorang politikus yang menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Cirebon periode 2019 - 2024 dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Dia adalah tokoh PKB di Kabupaten Cirebon dan pernah menjabat Ketua DPC PKB Kabupaten Cirebon.

Dalam kontestasi Pilkada diketahui pria kelahiran Cirebon 19 September 1977 ini sudah beberapa kali mengikuti kontestasi Pilkada mulai dari Pilkada Cirebon tahun 2013 yang berpasangan dengan Ratu Arimbi.

Kemudian Pilkada Cirebon tahun 2018 yang lalu, Mohamad Luthfi berpasangan dengan Abah Qomar dan kini kembali mencoba peruntungan kembali berpasangan dengan Dia Ramayana di Pilkada 2024.

Sementara itu, Dia Ramayana adalah nama baru di Kabupaten Cirebon. Diketahui sebelumnya Dia Ramayana adalah staf ahli DPR RI dan sempat mencalonkan diri sebagai calon DPR RI daerah pemilihan (Dapil) VIII Jawa Barat dari partai Golkar.

Dalam kontestasi Pilkada tahun ini Mohamad Luthfi dan Dia Ramayana diusung oleh sejumlah partai mulai dari PKB dan Golkar.

Rahmat Hidayat - Imam Saputra

Rahmat Hidayat adalah seorang purnawirawan kepolisian dengan pangkat terakhir Brigjen yang bertugas sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Papua periode 2022 - 2023.

Usai pensiun pada tahun 2023 yang lalu, pria kelahiran Palimanan Cirebon kini memilih menjadi kader dari Partai Perindo dan sempat mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI di daerah pemilihan (dapil) VIII Jawa Barat pada pemilu 2024 yang lalu. Namun dalam langkah politiknya, ia belum beruntung terpilih untuk duduk di kursi DPR RI.

Namun kini Rahmat Hidayat mencoba peruntungan kembali dikancah perpolitikan untuk maju sebagai bakal calon Bupati Cirebon bersanding dengan Imam Saputra sebagai bakal calon Wakil Bupati Cirebon di Pilkada Cirebon 2024.

Sementara itu, Imam Saputra sebelumnya berkarir sebagai anggota kepolisian dengan pangkat Kombes. Diketahui juga, Imam Saputra merupakan kelahiran Cirebon dan tercatat sebagai alumni SMAN 1 Sumber yang lulus pada tahun 1989.

Sebelum maju dalam kontestasi politik, Imam Saputra juga menjabat sebagai Ketua Umum Persatuan Sepakbola Gunung Jati (PSGJ) Cirebon.

Pada Pilkada Cirebon 2024, mereka mencalonkan diri sebagai bakal calon Bupati dan bakal calon Wakil Bupati Cirebon diusung oleh sejumlah partai non-parlemen mulai dari partai Perindo, PAN, partai Buruh, PKN, PPP, PBB, partai Ummat dan partai Gelora.

Masyarakat Cirebon kini menantikan hasil Pilkada 2024, sambil terus mengamati program dan kebijakan yang ditawarkan oleh masing-masing bakal calon. Dengan latar belakang dan harta kekayaan yang berbeda, masing-masing calon memiliki tantangan tersendiri untuk meyakinkan pemilih bahwa mereka adalah pilihan terbaik untuk memimpin Cirebon ke depan. (*)

0/Post a Comment/Comments

TOTAL VISITS :

Disperkim Kab. Sukabumi

POLKRIM | Portal Media Online Nasional

Pemkab Sukabumi

POLKRIM | Portal Media Online Nasional

TABLOID NASIONAL POLKRIM

POLRI PRESISI

POLKRIM | Portal Media Online Nasional

STOP PUNGLI

POLKRIM | Portal Media Online Nasional
PUNGUTAN LIAR