Pemkab Sukabumi Menggelar Upacara Sekar Budaya, Kumpulkan Air dari Beberapa Wilayah di Kabupaten


"Sekar Budaya Dina Raraga Milangkala Kabupaten Sukabumi Ka 154 Taun, Kekayaan Nilai Nilai Tradisi Yang Membumi"


Kabupaten Sukabumi, Jabar 

polkrim-news.com || Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Sukabumi (HJKS) ke 154 tahun, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi menggelar upacara sekar budaya di Alun-Alun Palabuhanratu, Selasa (10/9/2024).

Bupati Sukabumi H Marwan Hamami bertugas sebagai pembina upacara pada kegiatan di momen hari lahirnya Kabupaten Sukabumi. 

Puncak peringatan Hari Jadi Kabupaten Sukabumi ke-154 dimeriahkan dengan penampilan seni budaya tradisional Sunda.

Termasuk penggunaan bahasa dan pakaian adat Sunda yang merupakan ciri khas dan karakteristik masyarakat Jawa Barat.

Dalam upacara sakral ini dikumpulkan air dari beberapa wilayah di Kabupaten Sukabumi sebagai simbol persatuan. 

Bupati Sukabumi H Marwan Hamami menjelaskan, pagelaran sekar budaya sebagai salah satu bentuk kecintaan dan pelestarian tradisi, sekaligus ajang membangun kearifan lokal yang lekat dengan masa kini sebagai festival rakyat.

"Ini juga menjadi etalase eksistensi kehebatan jejak budaya pada masa lalu dan kekayaan nilai-nilai yang telah membumi," ujarnya.

Bupati menilai, sekar budaya dapat memperkenalkan budaya Sukabumi ke khalayak luas. Termasuk dalam tatanan mempertahankan kekentalan budaya yang ada, sekaligus untuk merefleksikan capaian prestasi Kabupaten Sukabumi.

"Sekar budaya ini diharapkan dapat menciptakan kesan kegembiraan bagi wisatawan yang berkunjung ke Palabuhanratu," ucapnya.

Bupati menuturkan, kegiatan ini merupakan wujud niat, harapan, dan kinerja masyarakat yang dapat terwujud jika semua dapat bersinergi untuk mencapai tujuan yang sama, yaitu upaya setiap orang untuk meneruskan kebaikan dalam visi mewujudkan Kabupaten Sukabumi yang religius, maju dan inovatif menuju masyarakat sejahtera lahir dan batin.

"Sekar Budaya dapat menciptakan rasa kebahagiaan yang berpadu dalam satu waktu dan satu tempat serta tidak terhalang oleh perbedaan," katanya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Sukabumi menyematkan tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya kepada 154 pegawai di lingkup Pemerintah Kabupaten Sukabumi yang telah mengabdi kepada negara selama 10 tahun, 20 tahun dan 30 tahun.(*)

0/Post a Comment/Comments

TOTAL VISITS :

Disperkim Kab. Sukabumi

POLKRIM | Portal Media Online Nasional

Pemkab Sukabumi

POLKRIM | Portal Media Online Nasional

TABLOID NASIONAL POLKRIM

POLRI PRESISI

POLKRIM | Portal Media Online Nasional

STOP PUNGLI

POLKRIM | Portal Media Online Nasional
PUNGUTAN LIAR